Kamis, 16 Februari 2012

Tugas KKPI mengenai Database


1.      Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematis, misalnya bahwa sebuah program komputer dapat berkonsultasi untuk menjawab pertanyaan. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan query database dikenal sebagai sistem manajemen database (DBMS). Sifat-sifat sistem database dipelajari dalam ilmu informasi.
2.      Database Relasional yaitu basis data relasional yang menggunakan tabel dua dimensi yang terdiri atas baris dan kolom untuk memberi gambaran sebuah berkas data.
3.      DBMS (DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data.
4.      Program aplikasi adalah istilah bagi perangkat lunak komputer (Software) yang diprogram secara khusus oleh para programmer untuk dapat melaksanakan tugas-tugas yang telah direncanakan.
5.      Sistem data base merupakan perpaduan antarabasis data dan system manajemen basis data (SMBD). Database yang kompleks dan disertai dengan teknik pendokumentasian dan prosedur manipulasinya akan membentuk Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System – DBMS). Singkatnya DBMS dan program untuk mengaksesnya.
6.      Data adalah catatan atas kumpulan fakta.
7.      informasi adalah data yang merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
8.      Tabel merupakan suatu tempat penyimpanan data.
9.      Formulir adalah Sebuah jendela yang merupakan wadah bagi berbagai komponen yang akan terpasang dalam suatu program aplikasi.
10.  Record (rekaman) menyatakan kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait.
11.  Query adalah metode untuk mengakses record-record dari satu tabel atau lebih yang mempunyai atribut dengan kriteria-kriteria tertentu.
12.  Field adalah kolom-kolom pada sebuah tabel (perancangan database), nama-nama field merepresentasikan sebuah properti dari tabel.
13.  Teks report adalah teks yang menyampaikan informasi tentang sesuatu (objek, makhluk hidup, kejadian alam) secara apa adanya, sebagai hasil pengamatan yang sistematis dan berdasarkan fakta.
14.  Primary key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel.

0 komentar:

Posting Komentar